Langkah awal, agar leluasa memasang perangkat ini, sebaiknya kenalpot, pengoper gigi, pijakan kaki, dan roda belakang turun takhta dulu. Lepas mur batang penarik tuas sepatu rem dan juga batang penahan teromol belakang dengan kunci ring 19. Kendurkan mur penyetel rantai dengan kunci 12. Tarik keluar as roda. Berikutnya, lepas rantai roda dari sproket dan lepas rodanya.Lepas sokbreker belakang dengan melepas ikatan mur-murnya pakai kunci 17. Lepas mur as swing arm, selanjutnya lepas lengan ayun setelah menarik keluar porosnya (gambar 1)
Pensiunkan bos lengan ayun yang lama. Caranya, gunakan batang besi sebagai pendorong. Ayunkan palu untuk memukulnya, lakukan sampai ganjal karet keluar dari rumahnya. Setelah beres, hilangkan karat dari rumah bushing dengan ampelas halus. Ingat, bagian bantalan yang dibuat dari besi jangan dibuang (gambar 2).
Memasang laher sebaiknya dengan alat pres. Bila tidak ada, siapkan palu dan laher bekas yang berukuran sama. Caranya, letakkan laher lama di atas laher yang baru. Pukul perlahan dengan palu sampaik masuk rumahnya. Terapkan di setiap mulut rumah bushing (gambar 3). Berarti setiap lubang poros pada lengan ayun kiri dan kanan mendapat jatah 2 laher, sebelah dalam dan luar. Cara ini sangat dianjurkan agar perangkat baru tidak rusak saat pemasangan. Supaya tak seret saat dipasang, lumuri dulu bagian luar laher dengan gamuk. Hati-hati, jangan sampai posisinya miring.
Selesai, lumuri bagian dalam bearing dan poros lengan ayun dengan gemuk berkualitas baik.
Rakit kembali komponen, kebalikan dari cara membukanya.
Dijamin goyang jaipong tak lagi merongrong..!
View the original article here
Posting Komentar