Menu
 


Maniakmotor - Munculnya bunyi dag..dig..dug pada area CVT Honda Vario bikin galau pemiliknya. Macam mana nggak kalau, tuh Vario setiap hari jadi kaki untuk memperpanjang pendapatan. Suara tadi biasanya muncul saat stasioner alias langsam. Sama juga di Honda BeAT dan Scoopy yang sudah berumur di atas 3 tahun, langganan juga soal bunyi aneh ini.

Dari pada kepikiran ya langsung bawa motor ke bengkel sebelah rumah buat dicek CVT-nya. Syukur bila kamu bisa betulin sendiri di rumah. Caranya, om? Ya baca terus tulisan ini 'dek, sampai habis.
Bunyi dag..dig..dug.. yang tak pake serrr... tadi berasal dari puli primer alias rumah rollernya. Penyebabnya celah antara rumah roller dan busing sudah terlalu longgar. Saat mesin berputar menimbulkan getaran. Itu lubang dan busingnyha sudah aus. Lubang pulinya membesar, sementara diameter bosh atau busung mengecil dimakan usia.

Solusi paling ueenak mengusir suara tadi ya langsung saja ganti puli berikut busingnya denga yang baru. Harga yang baru sekitar Rp 90 ribuan. Kalau itu tips buat yang berduit, nah yang lagi bokek ada tipsnya sendiri.
Caranya sampeyan mesti kerja yang rajin biar dapet uang banyak, hehee bercanda bro. Nih yang benar alias cara kere, hehe. Maksudnya cara kedua bikin sendiri busingnya pada tukang bubut.  Diameter busing ngikut diameter lubang tengah puli. Makanya saat pergi ke bengkel bubut puli tadi harus dibawa agar ukurannya klop dengan busing yang baru
Yang penting gerak maju- mundur puli nggak seret tapi saat digoyang juga nggak oblak. Taksiran biayanya sekitar Rp 35 ribuan. Ayo 're. monggo dipraktekkan. GS


View the original article here

Posting Komentar

 
Top