Menu
 

 - Yang punya motor, coba perhatikan pada leher knalpot. Pasti terdapat karat, yang kalau didiamkan bisa membolongkan pipa saluran buang tersebut. Munculnya karat lantaran suhu yang begitu panaas di leher knalpot ketimbang di bagian ujungnya. Sehingga, kotoran yang menempel langsung lumer dan mambantu cepatnya proses timbul karat. Persiapkan oli bekas (sudah tidak terpakai), kemudian hidupkan mesin selama kira-kira 5 menit supaya knalpot panas. Untuk menyakinkan kalau knalpot sudah panas, dekatkan tangan (jangan sampai menempel). Kian panas, justru maskin bagus. Kemudian oleskan oli ke bagian yang berkarat. Jangan kaget, timbul asap karena pelumas bekas yang sudah dioles menguap terkena panas. Pesan Aprianto, usah penasaran kenapa karat tidak langsung rontok. Nanti karat di leher knalpot hilang sendirinya, sedikit demi sedikit," ujar pria asal Bukittinggi, Sumatra Barat. (Niza)Author: Penulis: (Niza) - otomotif.kompas.com

Posting Komentar

 
Top