Menu
 

Pada bagian awal dijelaskan bahwa mesin dua langkah hanya memerlukan satu kali putaran poros engkol untuk menyelesaikan satu siklus di dalam silinder. Usaha (langkah tenaga) dihasilkan pada setiap putaran poros engkol.
Mesin dua langkah dalam bentuk yang sederhana

Pada mesin dua langkah campuran udara-bahan bakar dikompresi dua kali setiap putaran. Kompresi pertama (kompresi pendahuluan di dalam crankcase). Campuran ditarik kedalam crankcase dan dikompresi, selanjutnya masuk ke dalam ruang pembakaran.
Kompresi kedua (kompresi di dalam silinder dan ruang pembakaran). Campuran yang dikompresi sangat mudah dinyalakan dan terbakar sehingga menghasilkan tekanan yang tinggi. Campuran yang dikompresikan di dalam crankcase mengalir ke dalam silinder melalui lubang transfer mendorong sisa-sisa gas pembakaran keluar dari silinder dan ini disebut sebagai langkah transfer
Cara Kerja Mesin Dua Langkah
Ringkasan materi tabel:
1. Titik mati atas (TMA) adalah tempat berhentinya piston bergerak pada bagian atas silinder.
2. Titik mati bawah (TMB) adalah tempat berhentinya gerak piston di bagian bawah silinder.
3. Pada ½ putaran poros engkol pertama (1800) dari TMB ke TMB
- Di bawah piston : Langkah isap atau pengisian ruang engkol
- Di atas piston : Langkah kompresi
4. Pada ½ putaran poros engkol berikutnya (3600) dari TMA ke TMB
- Di atas piston : Langkah usaha dan langkah buang
- Di bawah piston : Pembilasan
- Prinsip pembilasan dinamakan dengan pembilasan berputar yaitu: lubang transfer berada di kanan dan di kiri saluran knalpot. Udara segar masuk bersamaan melalui kedua lubang tersebut yang berada berlawanan didinding cylinder dan membelok keatas. Kemudian aliran berputar kebawah ke lubang pengeluaran mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder.

Posting Komentar

 
Top